Apa Itu SearchEngine?

Apa Itu SearchEngine?

Apa Itu SearchEngine?

 Search Engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan wwwftppublikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

Macam - Macam Search Engine :

1. Google
Website : www.google.com

Google merupakan search engine terhebat dengan waktu akses tercepat dan page loads yang ringan. Sampai saat ini, Google masih menjadi "The King Of Search Engine" di dunia. Google adalah search engine yang paling populer di dunia maya untuk mencari informasi yang diinginkan, dapat berupa pencarian alamat website, gambar, file, atau mengetahui situs – situs, topik – topik, dan masih banyak lagi. Google Merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat, didirikan oleh Larry Page alumnus Universitas Michigan dan Sergey Brin. Hanya dengan mengetikan kata kunci yang akan kita cari, maka secara otomatis google akan memberikan jawaban yang diberikan melebihi dari yang kita inginkan.

2. Yahoo!
Website : www.yahoo.com
Yahoo! Search merupakan mesin pencari terbesar kedua saat ini setelah Google.Yahoo! Merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Sunnyvale,California, Amerika Serikat. Yahoo!Inc. didirkan oleh Jery Yang dan David Filo.Yahoo! Search menyediakan fasilitas email gratis, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbagai macam katagori seperti contohnya website, gambar, berita, video, dan audio. Search engine ini selalu menampilkan kata – kata yang mirip dengan kata – kata kunci yang sedang dicari.

3. Bing
Website : www.bing.com
Bing merupakan produk dari Microsoft melalui CEO Microsoft “Steve Ballmer”. Bing adalah bentuk reinkarnasi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu diantaranya Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Bing memiliki sebuah teknologi baru yang diyakini mampu memberikan hasil pencarian yang lebih akurat karena menggunakan teknologi PowerSet. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu : pencarian halaman situs atau website, pencarian gambar, pencarian berita, pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

4. Ask 
Website : www.ask.com
Ask.com merupakan salah satu mesin pencari ( search engine ) yang kini sedang populer. Ask.com didirikan pada tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen. Ask.com pada awalnya bernama Ask Jeeves, Jeeves adalah nama dari seorang pelayan yang tugasnya mengambilkan jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan, oleh sebab itu Ask.com dapat diartikan menjadi mesin pencari yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya. Ask.com juga memiliki fitur Q&A Community yang fungsinya mirip sekali dengan Yahoo Answers. 
5. MSN
Website : www.msn.com
Mesin pencari ini diciptakan oleh Microsoft yang terdiri dari mesin, indeks, dan web crawler. MSN merupakan layanan yang hasilnya dikelola oleh Looksmart. MSN menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun direktori  Search engine ini menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah dan mampu mencari video, music, gambar, dan berbagai macam format file special.

Sekian Artikel Apa Itu Search Engine?, kurang lebih nya mohon maaf. Terima Kasih 




Share this:

Disqus Comments